Kreasi Media

Solution for your IT problem

Siakad Online STIE MBI
sabtu, 2015-06-20 | Dibaca 647 kali.

Dengan semakin terpercayanya di kalangan akademisi kampus yang telah menggunakan produk Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), berimbas menjalar ke kampus lain yang ingin menggukan SIAKAD ini dengan beberapa fitur penyempurnaan yang lebih fleksibel, user friendly, dan ketangguhan sistem serta sistem backup yang prima. 

Bila Anda menginginkan aplikasi ini diterapkan di kampus anda, segeralah hubungi kami, kami akan senantiasa membantu permasalah IT anda.

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) berbasis web yang kami kembangkan merupakan sistem pengelolaan data-data akademik, mahasiswa, data-data dosen, karyawan dan alumni serta pelaporan output yang diinginkan 

Sistem Informasi Akademik (siakad) berbasis web memiliki kewenangan akses bertingkat, sehingga, Masing-masing pengelola dapat diberikan kewenangan yang berbeda-beda, sehingga fitur-fitur yang ada pada SIAKAD dapat diakses sesuai proporsinya masing-masing di lingkungan akademik

Akademik

Master Perguruan Tinggi (PT) dan Badan Hukum

Fasilitas ini berguna untuk memasukkan data-data perguruan tinggi dan badan hukum ke dalam aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang akan digunakan terutama untuk ekspor data SIAkad ke dalam database EPSBED Dikti.

Kurikulum Perkuliahan

Fasilitas ini berguna untuk menampilkan kurikulum perkuliahan. Fitur-fitur:

  • Menampilkan kurikulum perkuliahan meliputi kode mata kuliah, sks (sks teori, sks praktek, sks praktek lapangan), semester pelaksanaan, staf pengajar dan mata kuliah prasyarat.
  • Fitur ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk menambahkan SAP (Satuan Acara Perkuliahan).
  • Kurikulum dapat ditampilkan menurut per semester atau menurut per abjad.
  • Sistem pencarian mata kuliah berbasiskan Ajax, sehingga proses pencarian cepat dan praktis.

Dosen

Fasilitas untuk data-data dosen. Fitur-fitur:

  • Perubahan data dapat dilakukan oleh yang bersangkutan.
  • Profil dosen dapat ditambah dengan foto
  • Perubahan data dapat dilakukan sendiri oleh dosen bersangkutan.
  • Untuk privasi dosen, beberapa isian seperti nomor telpon atau alamat dapat diatur oleh yang bersangkutan agar tidak ditampilkan kepada pengunjung.

Login Dosen

  • User password tersendiri dan bisa di rubah oleh Dosen
  • Menampilkan kalender akademik
  • Menampilkan Jadwal kuliah dosen yang bersangkutan
  • Pengisian absen mahasiswa yang diampunya
  • Pengisian nilai mahasiswa yang diampunya

Karyawan

Fasilitas untuk data-data karyawan. Fitur-fitur:

  • User password tersendiri dan bisa di rubah oleh karyawan
  • Modul tersendiri sesuai dengan bagian jabatannya yang telah diatur oleh administrator

Mahasiswa

Fasilitas untuk data-data mahasiswa. Fitur-fitur:

  • Isian data akademik mahasiswa seperti NPM (No. BP), Penasehat Akademik, dll
  • Isian biodata mahasiswa, seperti nama lengkap, telpon, tempat dan tgl lahir, alamat, dll.
  • Isian biodata sekolah mahasiswa, seperti nama SMA asal, jurusan dan tahun tamat.
  • Isian biodata pekerjaan mahasiswa (jika sudah bekerja), meliputi nama instansi/institusi, alamat, no. telpon, jabatan, dll.
  • Isian biodata orangtua, meliputi data ayah dan ibu mahasiswa.
  • Khusus untuk mahasiswa transfer, tersedia isian kampus asal, program studi asal, npm asal dan sks yang diakui.
  • Perubahan data dapat dilakukan sendiri oleh mahasiswa bersangkutan.

Login Mahasiswa :

  • User password tersendiri dan bisa di rubah oleh mahasiswa
  • Menampilkan kalender akademik
  • Menampilkan Jadwal kuliah yang bersangkutan
  • Informasi absen mahasiswa dari setiap matakuliah yang diambil
  • Pengisian KRS Online dan cetak
  • Informasi Nilai (KHS) dan cetak
  • Informsi Jadwal Ujian dan Cetak
  • Informasi pembayaran 

Pendaftaran KRS Semester

Fasilitas bagi mahasiswa untuk melakukan pengisian Kartu Rencana Studi secara online.
Fitur-fitur:

  • Mata kuliah ditampilkan berdasarkan semester.
  • Pemeriksaan prasyarat (ada/tidak) mata kuliah yang akan diajukan oleh mahasiswa.
  • Pemeriksaan kapasitas lokal matakuliah yang akan diajukan. Jika kapasitas sudah terpenuhi, maka mahasiswa tidak akan dapat lagi mengajukan matakuliah tersebut.
  • Jumlah maksimal SKS yang diajukan akan dibatasi berdasarkan IP mahasiswa bersangkutan pada semester sebelumnya.
  • Pencatatan tanggal dan jam pengajuan KRS oleh mahasiswa.
  • Fasilitas pencetakan KRS Mahasiswa untuk masing-masing mahasiswa dan Tata Usaha Fakultas.
  • Rekap mata kuliah dan sks dalam bentuk file .xls (Excel) untuk perhitungan pembayaran uang kuliah masing-masing mahasiswa.
  • Fasilitas koreksi KRS untuk BAAKFakultas terhadap KRS mahasiswa.
  • Pencatatan tanggal, jam dan orang yang melakukan koreksi KRS yang dilakukan TU Fakultas.
  • KRS hanya dapat diakses pada jadwal yang ditentukan BAAK Fakultas. 

Pendaftaran KRS Semester Pendek

Fasilitas bagi mahasiswa untuk melakukan pengisian KRS Semester Pendek secara online.
Berbeda dengan semester biasa, dalam Semester Pendek, mata kuliah yang dapat diajukan adalah mata kuliah yang telah pernah diambil oleh mahasiswa bersangkutan. Fitur-fitur:

  • Mata kuliah yang akan ditampilkan adalah mata kuliah semester ganjil dan genap.
  • Mata kuliah yang akan ditampilkan adalah mata kuliah yang telah pernah diambil oleh mahasiswa dan dengan range nilai B- s/d E
  • Jumlah maksimal SKS yang dapat diajukan adalah 9 SKS atau maksimal 3 mata kuliah.
  • Fasilitas pencetakan KRS SP Mahasiswa untuk masing-masing mahasiswa dan Tata Usaha Fakultas.
  • Pencatatan tanggal dan jam pengajuan KRS SP oleh mahasiswa.
  • Rekap mata kuliah dan sks dalam bentuk file .xls (Excel) untuk perhitungan pembayaran uang kuliah masing-masing mahasiswa.
  • Fasilitas koreksi KRS SP untuk TU Fakultas terhadap KRS SP mahasiswa.
  • Pencatatan tanggal, jam dan orang yang melakukan koreksi KRS SP yang dilakukan TU Fakultas.
  • KRS SP hanya dapat diakses pada jadwal yang ditentukan TU Fakultas. 

Absensi Kuliah Mahasiswa per Matakuliah

untuk mencetak absensi kuliah mahasiswa per matakuliah yang dilaksanakan. 

Absensi Ujian Tengah Semester/Absensi Ujian Akhir Semester

untuk mencetak absensi ujian tengah semester/ujian akhir semester mahasiswa. 

Catatan Statistik Kelas

untuk melihat jumlah peserta/mahasiswa dari suatu matakuliah. 

Entri Nilai

Fasilitas ini berguna untuk mengentrikan nilai mahasiswa. Nilai mahasiswa yang dientrikan adalah nilai akhir, dan dengan format angka. Aplikasi SIA sendiri secara otomatis akan mengkonversinya menjadi angka dan huruf, berdasarkan ketentuan nilai yang ditetapkan pihak Dikti.

Nilai mahasiswa yang dapat dientrikan adalah mahasiswa yang tercatat pada KRS. Jika tidak, nilai mahasiswa hanya dapat dientrikan pada bagian Entri Nilai Manual. 

Entri Nilai Manual

Fasilitas ini berguna untuk mengentrikan nilai mahasiswa transfer atau nilai mahasiswa lama. 

Lembaran Hasil Studi & Transkip

Failitas ini berguna untuk melihat hasil studi yang telah dilakukan seorang mahasiswa, yang dapat mempermudah mahasiswa dalam merencanakan studi perkuliahannya. Fitur-fitur:

  • Input nilai berdasarkan mata kuliah pada KRS/KRS SP Online yang diajukan mahasiswa.
  • Jika terjadi pengulangan mata kuliah, nilai yang akan diambil adalah nilai tertinggi.
  • Fasilitas pencetakan KHS berdasarkan semester.
  • Fasilitas pencetakan Transkip nilai.
  • Pencatatan jumlah dan kapan KHS atau Transkip dicetak. 

Kalender Akademik

Fasilitas untuk menampilkan kalender akademik selama satu tahun akademik. 

Statistik

Menampilkan data dalam format grafik untuk jumlah mahasiswa, dosen, dsb

Ekspor Data

Fasilitas ekspor data ini berguna untuk mengekspor data-data akademik ke dalam format lainnya.
Dalam Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) berbasis web yang kami kembangkan, selain fasilitas ekspor ke dalam file format .xls, juga tersedia fasilitas ekspor ke dalam aplikasi Feeder  Dikti.

Jika ekstensi php_dbase diaktifkan pada PHP yang terinstall pada server, maka dapat dilakukan ekspor secara otomatis ke dalam database Feeder yang berformat .dbf. Namun jika php_dbase tidak tersedia, pengelola dapat melakukan ekspor data ke dalam bentuk .xls yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan database Feeder, dan kemudian melakukan copy-paste ke dalam database Feeder.